Selasa, 30 Maret 2010

Tips menjaga kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan

Menjaga Pola makan seimbang

Pola makan seimbang didapat dari nutrisi dengan 7 komponen; protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, air dan zat. Pola makan seimbang yaitu 60% biji-bijian, 30% sayur dan buah-buahan untuk mendapatkan vitamin, mineral, air, dan serat, 10% daging untuk mendapatkan lemak. Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi satu jam sebelum atau sesudah makan, agar manfaatnya terasa. Minumlah air putih untuk penutup sesudah makan. Bila hanya mengkonsumsi makanan berasid yang berupa biji-bijian dan daging akan mengakibatkan:




Gaya Hidup Sehat

Tidur teratur yaitu jangan terlalu malam, maksimal jam 23.00 dengan lama 8 jam dan bangunnya juga jangan terlalu siang, jangan melebihi jam 7. Tidur merupakan proses yang penting bagi manusia sebab dalam tidur terjadi proses pemulihan, pada jam 23.00 sampai jam 01.30 hormon SOMATOTROPIN bekerja untuk regenerasi sel, dengan begitu tubuh yang tadinya mengalami kelelahan akan menjadi segar kembali.

Aspek fisik yang menurun mengakibatkan ketidak-seimbangan pada aspek mental dan emosi, timbullah penyakit degenerative (jantung, stroke, kanker, gagal ginjal, liver, diabetes, darah tinggi dsb).




Hindarilah merokok dan minuman beralkohol karena menyebabkan darah mengental yang akan berakibat sulitnya darah dalam membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh sel-sel tubuh.

Hindari passively smoking (polusi udara).

Jaga kebersihan.

Makan dan minum teratur.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak mengandung bahan kimia.

Hindari hasil Pertanian/ Perkebunan yang pengolahannya menggunakan racun pembasmi hama dan pupuk non organik yang merupakan penyebab inbalance hormone (ketidakseimbangan hormon), kerusakan ginjal (cuci darah), sakit kuning (liver), dan pencetus zat carsinogen (pemicu kanker).

Hindari Obat-obatan Kimia Sintetis yang merupakan penyebab timbulnya penyakit baru dan bila dikonsumsi secara berlebihan akan merusak organ-organ tubuh (side effect = efek negatif).

Hindari berpikir/ bekerja terlalu berat.

Olah Raga Teratur

Tujuan olah raga secara teratur menurut Dr. ISWAN A NUSI, SpD. (spesial penyakit dalam RSUD DR SUTOMO) adalah melancarkan sistem peredaran darah, melemaskan otot-otot yang kaku mulai dari kepala, pundak, lutut sampai kaki, menghasilkan energi panas, membakar lemak dan mengeluarkan racun dalam tubuh berupa keringat. (Berbagai Sumber).
 

Tidak ada komentar:

Komentar


Namamu
emailmu
JudulPesanmu
Pesanmu
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Powered byEMF Email Forms